Tuesday, March 30, 2010

Friday, March 26, 2010

Aneka Buket Kukis














Beberpa yang tercecer, aneka buket kukis hias ini sayang untuk dibuang....

Thursday, March 25, 2010

Power Rangers Selametan


Gimana klo para Rangers selametan? Gini nih. Pada duduk bersila menghadap kue eeehhhh tapi ada yg bandel gak mau duduk sila, mau selonjoran aja...qiqiqi

Tuesday, March 23, 2010

Liputan Serba-Serbi Kukis Hias


Maret 13' 2010

Kali ini peserta yg akhirnya datang 3 orang saja, tapi bawa juga peserta mungilnya 2 orang...dan 1 orang Bapak, suaminya Ibu Ifa kekeke. Yg batal mendadak gpp insya Alloh semua uang akan kembali ya, wong aku hari2 buat kukis, jadi bahanya bisa aku pake kok.

Penghargaan terbesar adalah buat Ibu Ifa yang datang jauh-jauh dari Majalengka Bandung. Blio ini hampir tiap saat tanya kapan ada lagi lewat sms nya? Setelah blio liat ada pelatihan kukis hias bulan Januari lalu. Demi menghormati blio, jadi kursus ini tetap terselenggara krn katanya udah ngatur skedul jauh2 hari. Juga biar Riri bisa terima order akhir bulan ini ya Ri, ayo Ri foto2 nya jangan lupa di upload. Kalo Mb Shanti emang udah pengen ikut semua ya Mb, trutama Nairanya hehehe. Naira emang pinter deh.

Seperti biasa diawali dengan membuat adonan dasar kukis. Mencetak dengan menggunakan dan tanpa cookie cutter. Memberi tangkai dengan stik es krim dan sumpit. Membuat adonan royal icing yg encer dan kental. Menghias kukis, dengan tusuk gigi terutama agar kupu2 terlihat hidup. Tapi ternyata metode ini bisa juga untuk membentuk potongan jeruk dan putik bunga.... duuhhh aku gak sempat foto secara batere kamerta rusak. Akhirnya sempet mendokumentasikan pake kamera HP aja. Mayan deh.

Kejadian unik adalah saat Mb Shanti teriak, Kukis nya patah..... Jangan takut Mb, kita bisa di servis tuh kukis kok, jadi tetap bisa dipake. Jadilah pelajaran menservis. Lalu membuat rumah kukis ada yg vanila, ada yg coklat, gak buat yg jahe soalnya rasanya kurang okeh deh.... Skarang rumah kukis yg isnpirasinya dari rumah jahe bisa berdiri....bahkan Naira dan Kay juga ikutan

Lalu menghias pake kukis pake fondant....duuuhhh. Aku juga ga punya fotonya, ngarep dari Riri hehehe. Ini link nya


Insya Alloh Ibu Ifa udah janji untuk mulai berkarya segera setelah pulang ke Majalengka. Dan minta sekali-kali aku ngisi pelatihan disana....waaahhhhh kan udah ada Bu Ifa....percaya deh Bu, pasti bisa

Sunday, March 21, 2010

Barbie Cake, Cake n Cupcake u Keisha












Ini nih parede kue pesenan Anggie u ultah Keisha tersayang.....

Cerita lengkap ada di multiply, rumah satunya lagi yah.

Liputan


Kali ini kursus cupcake dengan 2 orang peserta, karena yg lain mendadak cancel, eh 3 deh dengan Naira si kecil yg selalu setia nemenin Mb Shanti. Insya Alloh setiap waktu yg udah aku siapin berarti jauh-jauh hari udah aku kosongin yah. Jadi gak akan ada kata cancel kecuali bener2 gak bisa dihindari hehehe. Judulnya maju terus pantang mundur hihi.

Awalnya Mb Erisa sempet bilang, aku gak bisa apa-apa. Aku gak cepet mudeng. Gak bisa deh, susah....... Aku cuma bilang 'Bisa...., percaya deh'
Mulai lah kita membuat adonan cupcake, memasukkan kedalam cup dst....

Buat butter cream, Mb Erisa bilang 'Oooohhhh yg ditoko-toko itu kayak gini ya? Enak, ga enek wangi' Mulai tertarik nih si embak. Resep BC ada di buku Serba-Serbi Cupcake dan yg Rindu bilang rasanya kayak es krim hehe.

Mulai ngewarnain BC, belajar menggunakanya tanpa spuit dulu..... 'Lho seumur-umur baru tau kalo buat daun ga perlu pake spuit' celetuk Mb Erisa.

Mulai deh semua berkarya. Termasuk membuat mawar BC yg masih berkali-kali gagal.....akhirnya jadi juga. Tinggal latihan ya Mb.

Trus mulai lah menghias dengan Fondant....Lho...Mb Erisa tambah terbengong. 'Kita buat gajah yg simple ya....' kataku. Pas jadi Mb Erisa bilang...'Lho....lucu ya, gampang aja kayaknya'. 'Iya, yg di buku SSCC mah yg gampang2 semua figurenya, jadinya wajib bisa'

Trus lanjut buat pinguin, bebek, mobil, sepatu bayi, bunga mawar.....

'Akhirnya aku bisa juga' semua terbengong2 dengan kemampuanya sendiri hehehe. Makanya ga boleh under estimate ke diri sendiri yah. Tuh kan pada keren2.... Kuncinya cuma berani padu padan warna. Cupcakenya bisa langsung jadi ajang promosi deh, bagi-bagiin ke tetangga, temen....yuuuuu.
Kursus selanjutanya 'Figure n menutup cake pake fondant' April 11'2010. Setelah itu bertapa dulu 3 bulanan yah hehehe,

Monday, March 8, 2010

Putri Ayu Keling

Putri Ayu Keling (Adaptasi dari bolu kukus si hitam nya Angky Astari)
Bahan A:
350 gr tepung ketan hitam
5 butir telur
300 gr gula pasir
150 ml minyak goreng
200 ml santan kental
1/2 st SP
1/2 sdt garam

Bahan B:
kelapa parut yg agak muda secukupnya, beri garam. Masukkan ke cetakan putri ayu yg telah diolesi minyak terlebih dahulu tekan2.

Cara:-telur, gula, garam dan SP dikocok sampe mengembang
-masukan ke adonan: tepung ketan, minyak goreng, dan santan kental, secara bergantian hingga rata.
- tuang ke cetakan putri ayu yg sudah diberi kelapa parut.
Kukus hingga matang.

Hhhhhmmmmm, nyam-nyam.....

Power Rangers Cake




'Bisa ga buat power ranger?' tanya tlp diseberang....

Mikir sebentar nbilang 'bisa'

Sampe rumah langsung acak2 mainan anak2. Pengen tau bentuknya kayak apa. Nemu 2 yg kuning sama yg pink tapi warnanya udah jelek bgt....tp yg penting ada deh...

1 hari sebelum hari H baru sempet buat figurenya. Gak tau mau posisi gimana. ya udah deh dibuat kayak gini.

Pas anak2 liat....waaahhh ini namanya Power Rangers Ninja...mereka pada kesenengan.

Waaahhhh ternyata banyak jenis power Rangers....smoga yg nerima seneng dan ngebenerin ini.

Mana sempat bermasalah dgn kurir gara-gara kurir langganan penuh. Coba kurir lain yg katanya mayan. Taunya gak nongol2, pas di cekbilang mau nongol. Gak taunya 1 jam sebelum waktu hrs kue nyampe dia sms katanya kecelakaan.

Abis itu tlp. matiiiii....hiks

Untung ada Agus, kurir Nirwana yg mau nampung curhatan saya tentang kurir lainya. Dan dia ngasih solusi. Aku tlp yg mesen ngasih tau kejadian ini, trus aku tanya boleh mundur gak. Pas orangnya bilang boleh...legaaaa....deh. Duh, nuhunpisan nya Gus, mau di recokin orang panik. Bilang makasih juga ke kurir yg anter dan pak Fikri, tanpa kalian apalah bakul kue ini.

Sunday, March 7, 2010

Kukis 4 Brand New Band




Pesenan temen kantor yg masih imut, biasalah klo anak2 ini permintaanya macem2 banget deh. Mau gini-gitu....hihihi. Lama-lama tukang kue jadi tempat curhat deh. Tapi seneng juga. Dari mereka sering banget dapet tantangan2 yang bikinkita mikir keras....

Mintanya ada 15 macem termsuk tangan dengan kelima jarinya, huruf dollar, beberapa kata-kata, gitar, keyboard, mike, sound system, bebek (lho kok bisa gak nyambung gini!?), mulut dll.

Krn aku penggemar abu2, aku buat aja hitam putih dan abu2. Biar ada aksen yg menonjol, aku kadih bibir warna merah jreng, gitar warna orange.....

Jadi deh. Pas diliatin gambarnya ke yg mesen tu anak kesenengan abis qiqiqi....dia gak tau tukang kuenya sampe keriting mikirn qiqiqi....

Step by Step Kupu2

Mau buat yg seperti ini? Ini dilukis di kue berbentuk hati. Berhubung pas buat ga lagi buat yg bentuk kupu2. Tapi dengan semangat ingin berbagi jadi aku lukis aja. Tapiintinya sama aja deh.


Pertama baut dulu bentuk seperti yg diatas. Langsung timpa dan timpa sampai penuh seperti yg dibawah
Lalu siapkan tusuk gigi dan mulai tarik dari luar ke dalam. Tergantung arah serat yg kita inginkan. Biar gak nyampur warna-warnanya, selalu bersihkan tusuk gigi untuk tarikan berikutnya (becak kali ya pake ditarik-tarik hehehe).
Akhirnya seperti yg diatas itu. Kupu2 jenis ini tidak berteksture kukisnya, tapi permainan warna dan arah serat membuat si kupu lebih hidup.
Coba yuuukkkk. Klo masih bingung, ikut pelatihan 'Serba-Serbi Kukis Hias' aja....hehehe iklan sekaleeee....


Friday, March 5, 2010

Info Pelatihan Maret-April 2010

1. Serba Serbi Kukis Hias
Waktu: Sabtu, 13 Maret 2010 Jam 9.00 sampai jam 15.00
Materi:
- Membuat adonan kukis, mencetak dengan dan tanpa cookie cutter
- Membuat kukis lolipop- Membuat Kukis rumah jahe dan cetakan kartonya
- Membuat Royal Icing dan mewarnainya. Membuat RI khusus rumah jahe.
- Menghias kukis dengan Royal Icing dan fondant
- Menghias kukis dengan edible image, fondant dll
- Membangun kukis rumah jahe dan menghiasnya.
- Membuat ornamen kecil u kukis rumah jahe
- Mengemas kukis

Biaya: Rp250rb.
Peserta mendapatkan: Buku Serba-Serbi Kukis Hias, sertifikat, hasil kreasi dibawa pulang.


2. Serba-Serbi Cupcake
Waktu: Minggu, 21 Maret 2010 Jam 9.00 sampai jam 15.00

Materi:

-Membuat simple vanila cupcake (sekalian cone cupcake) dan cupcake kukus
-Membuat buttercream yang enyak dan gak eneg
-Menghias cupcake menggunakan butercream, swirl, bunga, daun, mawar, dots dll Diajarkan cara membuat daun hanya dgn plastik segitiga.
-Menghias menggunakan fondant, menutup cupcake dgn fondant. Membuat mobil, mawar, mobil balap, nemo, tas, sepatu bayi dll

Biaya Rp250rb udah termasuk buku Serba-serbi Cupcake. Cupcake dan aneka bahan untuk hiasanya, snack, makan siang, sertifikat dll.

Peserta boleh membawa: spuit, tidak pun tidak apa-apa.


3. Figurine Fondant 1

Waktu: Minggu, 11 April 2010 Jam 9.00 sampai jam 15.00

Materi:
- Membuat aneka binatang: sapi, kuda, gajah, kelinci, anjing, kura-kura, babi, bebek dan anak2nya, kucing, ayam, zebra, jerapah, kuda nil, monyet, kambing, keong dll.
- Membuat pernik bayi: aneka bayi, teddy bear, sepatu, peniti, pesawat2, botol susu, mainan bayi, celemek, kereta bayi.- aneka tas dan sepatu
- aneka buah2 an, daun, bunga, pagar dll.
- membuat orang2 an, nenek, anak, remaja dll
- bonus: mengcover cake dengan fondant dan belajar menentukan tema

Peserta diharapkan membawa:- rolling pin atau botol dgn permukaan datar


Biaya Rp350rb

Peserta mendapatkan:- buku 'Pernik penghias kue dengan fondant'- sertifikat- fondant- cake ukuran kecil- makan siang dll hasil kreasi dibawa pulang.


Semua kursus diatas bertempat di:'Markas' Kue Ratu dan CookienCupcakeFun: Gema Pesona Blok G-9, Jl.Tole Iskandar no.45 Depok

Pendaftaran ke: kueratu@gmail.com atau sms ke 0811811742Pembayaran dilakukan ke BCA an. Heru Purdadi W. no.319.197.6132